Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Blog / Kompetensi Guru Menurut Permendiknas No.16 Tahun 2007

Kompetensi Guru Menurut Permendiknas No.16 Tahun 2007

Drs.-Marihot-P.-Hutapea

Kompetensi artinya kemampuan yang berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diwujudkan dalam tingkah laku sehingga menjadi pembiasaan.[1]

 

Berdasarkan Permendiknas N0. 16 tahun 2007, guru harus memiliki kompetensi :

  1. Kompetensi Pedagogik
  • Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  • Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik.
  • Mengembangkan kurikulum yang terkait mata pelajaran yang di ampu.
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  • Memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran.
  • Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
  • Berkomunikasi efektif, empatik, dan santun ke peserta didik.
  • Menyelenggarakan penilaian evaluasi proses dari hasil belajar.
  • Memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
  • Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan mutu pembelajaran.

 

  1. Kompetensi Kepribadian
  • Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya bangsa.
  • Penampilan yang jujur, berakhlak mulia, teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  • Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri.
  • Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

 

  1. Kompetensi Sosial
  • Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras,kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial keluarga
  • Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.
  • Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya.
  • Berkomunikasi dengan lisan maupun tulisan.

 

  1. Kompetensi Profesional
  • Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung pelajaran yang di ampu.
  • Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang di ampu.
  • Mengembangkan materi pembelajaran yangdi ampu secara kreatif.
  • Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
  • Memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

 

Jangan mencari kawan yang membuat Anda merasa nyaman, tetapi carilah kawan yang memaksa Anda terus berkembangThomas J.Watson

 

[1] Najib Sulhan, Karakter guru masa depan (Surabaya:JP. Book, 2010). P.119


 

Ditulis oleh Marihot P Hutapea, Guru PJOK SMKN 36 Jakarta.